Internet Explorer 8.0

Internet Explorer 8

Pada Februari 2009 lalu, Microsoft meluncurkan Internet Explorer 8 (IE8) versi Release Candidate (RC), versi terakhir sebelum versi final. Internet Explorer 8 versi RC hadir dengan berbagai pengembangan yang tentunya semakin memanjakan para peselancar web, baik dalam hal keamanan, kemudahan penggunaan serta beberapa feature baru. Namun tidak hanya memanjakan peselancar saja, di versi yang ke delapan ini, Microsoft pun secara agresif berusaha untuk memanjakan para pengembang web dengan menambahkan feature Developer Tools.

Developer Tools adalah sebuah tools bawaan Internet Explorer 8.0 yang dapat membantu para pengembang software untuk mengembangkan sebuah halaman web. Dengan menggunakan feature ini, kegiatan seperti melihat jalannya eksekusi kode Java Script dan mengubah kode HTML secara on the fly dapat secara mudah dilakukan. Tools ini tentunya dapat dikolaborasikan dengan Visual Studio 2008 yang di dalamnya telah ada dukungan Intellisensi untuk kode Javascript dan HTML. Ini akan semakin memudahkan pekerjaan pengembang software ketika mengembangkan dan juga men-debug aplikasi web.

Kemudahan dalam melakukan navigasi tentunya menjadi dambaan setiap peselancar web. Hal ini diakomodir oleh Internet Explorer 8 dengan feature Tab Grouping. Dengan bantuan feature ini, Internet Explorer akan secara otomatis melakukan pengelompokan halaman-halaman yang sedang Anda kunjungi. Sebagai contoh ketika Anda sedang mengunjungi sebuah website, Anda menemukan sebuah link / tautan yang sangat menarik. Kemudian Anda memutuskan untuk membuka link tersebut di tab baru, Internet Explorer akan secara otomatis membuka tab baru tersebut tepat di sebelah tab halaman yang menyediakan link tersebut. Selain itu, pengguna pun akan dimudahkan dalam membedakan grup-grup yang ada berdasarkan warna dari tiap tab.

Ketika sedang membuka sebuah halaman web untuk mencari informasi, sering kali pengguna memerlukan referensi website lain yang serupa. Dalam Internet Explorer 8, hal ini dapat segera diselesaikan dengan adanya feature Suggested Site. Dalam menggunakan feature ini, ketika Anda sedang membuka sebuah website maka IE akan segera otomatis mencari website-website yang serupa dan menampilkan rekomendasinya kepada Anda.

Keamanan

Keamanan tentunya menjadi salah satu faktor penting dalam dunia web sekarang ini. Tentunya Anda telah mendengar istilah Phishing. Phishing merupakan sebuah usaha untuk memperoleh informasi sensitif, seperti username, password, dan lainnya dari pengguna web. Pada umumnya usaha ini dilakukan dengan cara membuat sebuah website palsu yang hampir sama dengan web aslinya. Sebagai contoh, beberapa tahun lalu dunia perbankan Indonesia sempat gempar dengan munculnya beberapa web yang memiliki tampilan sama dengan tampilan sebuah webiste bank ternama sehingga mengecoh para pengguna layanan bank tersebut.

Dalam Internet Explorer 8 hal semacam itu dapat diatasi dengan beberapa feature yang dimilikinya. Salah satunya adalah feature Domain Highlighting. Feature ini akan secara otomatis menyorot nama top level domain halaman web yang sedang Anda kunjungi. Dengan demikian tentunya ketika Anda sedang mengunjungi sebuah halaman web, Anda dapat secara cepat melihat top level domain dari halaman tersebut dan dapat segera menentukan apakah halaman ini halaman dari domain yang ingin Anda kunjungi atau tidak.

Feature lainnya yang akan turut menjamin keselamatan Anda ketika berada di “rimba” web adalah feature yang disebut SmartScreen Filter. Dengan menggunakan feature ini, secara otomatis Anda akan dilindungi dari halaman-halaman web yang dinilai berbahaya oleh Microsoft sehingga ketika Anda secara tidak sengaja mengunjungi sebuah website berbahaya maka sebuah window peringatan akan secara otomatis muncul. Anda pun dapat membantu mengamankan peselancar lainnya dengan melaporkan webiste-website yang Anda nilai berbahaya ke Microsoft.

Salah satu bagian dalam keamanan adalah privasi. Di Indonesia sebagian pengguna Internet masih menggunakan warung Internet untuk browsing, chatting, dan lainnya. Salah satu kendala yang muncul ketika Anda sedang berselancar di warung Internet/komputer publik adalah Anda harus menghapus sejarah browsing Anda lengkap dengan cookies-nya jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui data Anda. Satu hal yang cukup merepotkan. Seirng kali Anda pun lupa untuk melakukannya, sehingga orang lain bisa mengetahui aktivitas browsing Anda. Dan lebih parahnya, kadang kala mereka dapat mencuri informasi sensitif milik Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan mode InPrivate yang ada dalam Internet Explorer 8. Dengan menggunakan mode ini, secara otomatis browser akan menghapus data seperti sejarah browsing, cookies, dan data lainnya.

Feature Baru

Salah satu filosofi yang diusung oleh Internet Explorer adalah “Reach Beyond the Page”. Filosofi ini menyiratkan sebuah psan bahwa IE ingin membawa sebuah pengalaman baru bagi penggunanya ketika sedang berinteraksi dengan dunia web. Hal tersebut diwujudkan dalam tiga feature baru, yaitu Webslices, Accelerator, dan Visual Search.

ACCELERATOR: Ketika Anda sedang berselancar tentu Anda sering kali melakukan operasi meng-copy sebuah informasi dari halaman web, membuka halaman web lainnya, lalu mem-paste pada halaman baru tersebut.

Contoh konkrit, misalnya Anda sedang membaca sebuah halaman yang berisikan informasi tentang sejarah hidup seorang pahlawan. Kemudian Anda menemukan bahwa pahlawan tersebut lahir di sebuah tempat yang tidak Anda ketahui lokasinya, biasanya yang Anda lakukan adalah meng-copy nama tempat tersebut kemudian membuka sebuah tab baru dalam browser Anda. Lalu, melakukan navigasi pada halaman baru tersebut untuk membuka sebuah layanan peta dan melakukan operasi “Paste” untuk mencari lokasi dari nama tempat tersebut pada peta.

Bagi sebagian orang, hal tersebut cukup merepotkan dan memakan waktu. Dalam Internet Explorer 8.0, terdapat sebuah feature baru bernama Accelerator. Dengan Accelerator, skenario di atas dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah. Dalam skenario tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyorot nama tempat yang ingin Anda ketahui lokasinya, kemudian tekan tombol “Accelerator”, pilih website penyedia layanan peta yang ingin digunakan, lalu sebuah peta yang menampilkan lokasi tempat tersebut akan segera tampil di halaman itu juga.

Cara kerja Accelerator sebenarnya cukup sederhana. Apa yang dilakukan oleh Accelerator adalah mengirimkan informasi dari sebuah halaman web ke sebuah website yang menyediakan layanan tertentu. Anda dapat memilih informasi yang akan dikirim dengan cara memblokir informasi yang yang dikirimkan. Secara default, ada beberapa layanan yang tersedia di Internet Explorer 8.0 yang dapat Anda gunakan. Salah satu contohnya adalah Translate with Live Search yang akan berfungsi sebagai kamus yang akan menerjemahkan kata-kata yang Anda blokir. Contoh lainnya adalah Blog with Windows Live yang akan mengirimkan informasi yang telah Anda blok menjadi isi dari halaman blog Anda di Windows Live.

WEBSLICES: Sering kali kita membuka sebuah halaman web secara berkala hanya untuk melihat informasi yang menempati sebagian kecil dari porsi halaman tersebut. Contoh sederhananya, misalkan Anda sedang mengikuti lelang di website lelang Ebay. Sudah pasti Anda secara berkala hanya untuk melihat kemajuan lelang dari produk yang Anda inginkan tanpa melihat informasi-informasi lain yang juga tersaji dalam halaman tersebut.

Hal ini cukup merepotkan dalam dua hal. Pertama, Anda harus secara periodik membuka halaman tersebut secara manual. Kemudian, Anda pun memperoleh informasi yang tidak Anda perlukan dalam halaman tersebut yang berarti Anda telah membuang-buang bandwidth untuk sesuatu yang tidak Anda perlukan.

Dalam Internet Explorer 8.0 hadir sebuah feature baru yang bernama Webslices yang cocok untuk skenario di atas. Dengan menggunakan Webslices, Anda dapat seolah-olah berlangganan sebagaimana kecil saja dari halaman web atau dapat dikatakan hanya melihat potongan dari halaman tersebut. Internet Explorer pun akan secara otomatis meng-update Webslices tersebut sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi. Untuk menggunakan feature ini caranya cukup mudah Anda hanya tinggal mengklik tombol “Webslices” yang umumnya ada di sebelah bagian yang ingin Anda amati. Kemudian secara otomatis, Internet Explorer akan menampilkan potongan halaman tersebut pada “Favourite Bar” sehingga mudah untuk diakses.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda hanya dapat menggunakan feature ini pada website yang telah mendukung Webslices. Di Indonesia, salah satu website yang telah mendukung layanan ini adalah www.kaskus.us.

VISUAL SEARCH: Dalam Internet Explorer 7 terdapat feature baru yaitu Search Box. Fungsi utama dari feature yang cukup populer ini adalah memudahkan Anda dalam melakukan pencarian. Ketika Anda ingin mencari sebuah informasi di Internet, Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci tersebut pada kotak yang ada di sebelah kanan layar. Namun dalam Internet Explorer 8.0, Microsoft menambahkan sebuah kapabilitas baru dalam Search Box, yaitu Visual Search.

“A picture is worth a thousand words”, adalah sebuah kutipan terkenal dari Napoleon Bonaparte. Jika diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia, kutipan tersebut memiliki arti bahwa sebuah gambar dapat menjelaskan ribuan kata. Tentunya kutipan tersebut pun berlaku ketika Anda sedang melakukan pencarian di Internet. Pada praktiknya, sering kali Anda akan terbantu jika hasil pencarian Anda dilengkapi dengan gambar. Dengan adanya gambar, Anda dapat secara cepat memutuskan apakah hasil pencarian tersebut sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak. Sebagai contoh, ketika Anda mencari dengan kata kunci “Jakarta” utnuk mencari informasi tentang kota, tanpa bantuan dari gambar yang mendeskripsikan hasil pencarian, Anda perlu membaca terlebih dahulu deskripsi singkat dari tiap hasil pencarian. Berbeda jika hasil pencarian dilengkapi gambar sehingga Anda dapat dengan cepat memilih hasil pencarian yang tepat berdasarkan gambar yang disajikan. Artinya gambar adalah salah satu faktor penting.

Software Freeware 21

Software Freeware 21

Fat32Formatter 1.0

Formatting Drive Large than 32GB

Pada utility DOS bernama Fdisk, Anda hanya dapat memecah partisi ke format FAT32 sampai dengan batasan ukuran tertentu. Jika lebih, Anda harus menggunakan format NTFS yang tidak disediakan pada Fdisk. Solusi alternatifnya, Anda dapat menggunakan Fat32Formatter. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat membantu melakukan proses format drive dengan ukuran lebih dari 32 GB ke format FAT32.

Download: www.tokiwa.qee.jp/EN/Fat32Formatter (187 KB)

OS: Windows XP

Gifsicle 1.52

GIF Animation Creator

Membuat file gambar yang dapat bergerak untuk diletakkan pada situs yang Anda miliki, bukanlah hal sulit. Sudah banyak aplikasi-aplikasi freeware yang ditujukan bagi hal ini. Ambil contoh Gifsicle. Aplikasi ini memiliki fitur yang lumayan, di antaranya pengubahan file GIF secara multiple dalam satu waktu, print detail yang lengkap, pengontrolan penuh terhadap berbagai efek gambar dan lain-lain.

Download: www.lcdf.org/gifsicle (153 KB)

OS: Windows XP

Ginipic

Pictures Online Finder

Biasanya untuk mencari data gambar di Internet kemungkinan Anda menggunakan fitur yang ada pada search engine. Nah, sekarang Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini tanpa mesti membuka web yang bersangkutan terlebih dahulu. Hasilnya ditampilkan dalam jumlah ratusan. Anda akan tergoda mencari-cari gambar yang lain. Untuk menjalankannya, Anda membutuhkan .NET Framework 3.5 terlebih dahulu.

Download: www.ginipic.com (3620 KB)

OS: Windows XP

iPodME 2.0

convert Movies to iPod Format

iPod bukan lagi gadget yang aneh di telinga kita. Multimedia player yang satu ini digemari karena kualitas suaranya yang sangat bagus, meski dijual dengan harga tinggi. Jika Anda memiliki iPod yang juga mampu menjalankan file-file video, maka Anda membutuhkan aplikasi yang satu ini. iPodME akan melakukan konversi dengan cepat dan berkualitas ke format yang dapat dijalankan oleh iPod.

Download: www.nodadev.wordpress.com/pc-projects/ipodme (3973 KB)

OS: Windows XP

Jsynoptic 2.7.0

Render Informations Graphically

Anda dapat melakukan proses setup maupun edit bentuk yang Anda maksud, lalu mengaplikasikannya pada informasi yang telah ada. Jsynoptic ditujukan untuk melakukan rendering informasi secara grafikal. Data yang hendak dimasukkan dapat saja berasal dari berbagai sumber, internal maupun eksternal. Namun, sebelum Anda menjalankan aplikasi ini Anda mesti menginstal JRE setidaknya versi 1.4.

Download: www.jsynoptic.sourceforge.net (20480 KB)

OS: Windows XP

LAN Search Pro 8.2.1

Fast Search Files On Your Network

Pernahkah Anda merasa jenuh menanti proses pencarian file yang tidak selesai? Mencari file-file di komputer lokal mungkin dapat bekerja dengan cepat, namun bagaimana dengan pencarian file di jaringan kantor Anda? Gunakan LAN Search Pro yang mampu membantu Anda dengan lebih cepat. Aplikasi ini juga mampu melakukan pencarian pada jaringan yang tersembunyi, jaringan terbatas, dan lain sebagainya.

Download: www.softperfect.com/products/lspr (678 KB)

OS: Windows XP

MAKEMSI 09.045

MSI Based Installer Maker

Setelah Anda membuat sebuah aplikasi super canggih, lalu apa yang Anda akan lakukan? Aplikasi tersebut tidak akan berarti bila tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Coba gunakan MAKEMSI. Aplikasi ini akan membantu Anda mendistribusikan aplikasi yang telah jadi tersebut ke dalam paket yang mudah untuk disebarkan. Setelah itu, Anda dapat menikmati kepopuleran Anda lantaran software buatan Anda.

Download: www.dennisbareis.com/makemsi.htm (7219 KB)

OS: Windows XP

Master Invoice 1.0

Invoice Products Creator

Tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan aplikasi yang berhubungan dengan bisnis Anda. Jika bisnis yang Anda miliki berhubungan dengan produk, maka Anda dapat memilih untuk menggunakan yang satu ini. Ssuite Office – Master Invoice digunakan untuk membuat invoice bagi produk-produk atau layanan yang Anda sediakan bagi konsumen. Aplikasi ini juga mendukung invoice VAT dan TAX.

Download: www.ssuitesoft.com (8499 KB)

OS: Windows XP

Math Mechanixs 1.4.0.3

Math Software Solution

Biasanya kita menggunakan kalkulator untuk menjawab berbagai macam persoalan pada dunia matematika. Sayangnya, kalkulator memiliki kemampuan yang terbatas. Kalkulator tidak mampu membuat data Anda menjadi tampilan grafik. Nah, untuk urusan yang satu ini, Anda mesti menggunakan Math Mechanixs. Semua data Anda dapat dibuatkan grafiknya dengan warna-warna tertentu.

Download: www.mathmechanixs.com (16486 KB)

OS: Windows XP

MB Free Feng Shui Suite 1.65

Feng Shui Softwares in One Place

Percaya bahwa Feng Shui dapat membantu kelancaran bisnis Anda? Terserah itu sebuah pilihan. Jika Anda memang demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi ini. Feng Shui Suite merupakan wadah bagi berbagai utility yang berhubungan dengan Feng Shui. Tampilannya sangat mudah dimengerti. Tampilannya sangat mudah dimengerti. Aplikasi ini bebas untuk digunakan, namun setelah 45 hari Anda mesti melakukan registrasi gratis.

Download: www.fengshuisuite.com (2150 KB)

OS: Windows XP

MonoBase 1.2.2.3

Easy Personal Database Creator

MonoBase dikhususkan untuk pembuatan database personal secara cepat, mudah dan gratis. Anda dapat sesuka hati membuat database tanpa batas, yang berisikan tabel-tabel yang juga tanpa batas. Fitur-fitur menarik yang dimiliki, di antaranya akses database ODBC yang kompatibel dari ukuran 1 KB sampai dengan 1 TB, tabel filter, kemampuan menjalankan SQL statement dengan SQL query engine, dan masih banyak lagi.

Download: www.ssuitesoft.com (9523 KB)

OS: Windows XP

OkMap 5.4.0

GPS Mapping Software

OkMap sangat cocok bila disandingkan dengan device keluaran Garmin, maupun Magellan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk banyak keperluan outdoor, seperti berlayar, bersepeda di pegunungan yang sejuk, trekking, berburu, memancing dan lain-lain. Format-format yang didukung, antara lain: ecw, tif, gfw, jgw, pgw, tfw, bp, dbf, dcw, gpx, wpt, plt, rte, DEM, dan masih banyak lagi.

Download: www.okmap.it/index_en/en_features.htm (16384 KB)

OS: Windows XP

Hardware Tuning

Hardware Tuning

Sulit dipercaya, prosesor terbaru Intel Core i7 sekalipun masih bergantung pada BIOS. Bagian PC berbasis 16 bit dari era awal tahun 80-an hingga kini masih berisi perintah-perintah teknis dengan interface grafis DOS dan kontrol tombol panah yang kuno. Apabila Anda tidak mengaktifkan fungsi overclock otomatis di sana, prosesor super-cepat sekali pun akan terasa lambat.

Tidak peduli apakah prosesor yang digunakan adalah Core i7 terbaru atau Pentium lama, Anda tidak bisa lepas dari BIOS. Untungnya, dengan hadirnya freeware atau program khusus dari pada produsen motherboard, kini Anda tidak perlu lagi mengakses menu setup BIOS yang primitif. Pembahasan kali in bertujuan untuk membantu pengguna dalam memaksimalkan kinerja PC (minimal 20%) dengan nyaman dari desktop Windows.

Menggali Informasi: Mengetahui Motherboard

Pertama, ketahuila konfigurasi aktual mothberboard awal agar dapat mengetahui bagian mana saja yang perlu “digenjot”. Produsen motherboard biasanya menyediakan berbagai program khusus pada CD driver, yang menampilkan informasi BIOS, chipset, dan lain-lain. Alternatifnya, gunakan program CPU-Z.

Setelah meng-install dan menjalankan CPU-Z, akan terlihat nama prosesor, clock speed, multiplier, dan bus speed yang diperlukan saat tuning. Versi BIOS dan chipset dapat diketahui melalui tab “Motherboard”. Tab “Memory” dan “SPD” menginformasikan keterangan teknis mengenai RAM. Jika perlu, buat screenshot dari setiap tab dan cetak agar dapat Anda lihat setiap saat.

Persiapan: Backup dan Ukur

Untuk meminimalisir risiko tuning motherboard, lakukan beberapa langkah antipasi. Instalasikan juga program benchmark untuk mengukur tingkat keberhasilan tuning.

MEMBUAT BACKUP: Apabila Windows tidak dapat di-start setelah tuning, kembalikan setting BIOS ke default setting melalui “Load Setup Default”. Pada beberapa kasus ekstrem, data bisa hilang. Oleh karena itu, backup file-file penting Anda.

MEMONITOR: Masalah lainnya yang perlu diwaspadai adalah panas. Apabila komponen menjadi panas, usia pakainya berkurang. Dalam BIOS (biasanya diakses melalui tombol [ECS] setelah PC dihidupkan) tersedia fungsi seperti “Power|Hardware Monitor” [AMI] yang menampilkan suhu dan kecepatan putas kipas-kipas yang ada.

Bagi yang lebih suka bekerja di desktop Windows, dapat meng-install SpeedFan. Kipas mana saja yang ditampilkan pada tab “Readings” tergantung motherboard-nya. Bila kecepatannya tidak terbaca, berarti motherboard Anda tidak didukung SpeedFan. Sebaliknya bila didukung, Anda dapat memilih komponen tertentu di bawah “Charts” untuk melacak masalah panas melalui “Analyze|temperatures”. Apabila semua baik-baik saja, minimize windows SpeedFan.

Untuk juga mengawasi harddisk, SpeedFan menawarkan tab “S.M.A.R.T”. Sayangnya, pada PC yang dipergunakan oleh kami dengan Windows Vista Ultimate, fasilitas ini tidak berfungsi. Alternatifnya, gunakan HDDlife yang menyediakan fungsi yang sama. Anda dapat mengintegrasikannya sebagai gadget pada sidebar Vista, tetapi informasi yang ditampilkan lebih sedikit.

KONFIGURASI BENCHMARK: Selanjutnya, gunakan program benchmark untuk mengukur kinerja PC. Untuk Windows XP gunakan PCMark05, untuk Windows Vista, gunakan PCMark Vantage. Semua program tersedia di www.futuremark.com. Setelah start, Anda perlu mendaftar sekali melalui e-mail dan mengklik “Trial”. Melalui “Run Benchmark”, program ini akan menjalankan pengujian dan mengukur performa PC. Yang diuji antara lain playback HD video, selancar di Internet, foto editing, dan game. Selama pengujian, Anda tidak boleh menyentuh mouse dan keyboard agar prosesnya tidak terganggu dan hasilnya lebih akurat. Terakhir, Anda mendapat point total yang dapat dibandingkan kemudian dengan hasil setelah tuning.

Update: Yang Paling Aktual Biasanya Lebih Optimal

Sebagai langkah pertama tuning, update semua driver dan BIOS. Hasilnya bisa langsung “terasa”. Untuk meng-update BIOS, banyak produsen motherboard menyediakan utility khusus. Pada PC (motherboard ASUS) yang diuji, kami memakai utility ASUS Update Utility 7.14.01. Melalui “Check BIOS Information”, tipe dan versi BIOS yang ada dapat diketahui. Apabila versi lebih baru telah tersedia, backup dahulu BIOS yang ada melalui “Save current BIOS to file”. Selanjutnya, download BIOS terbaru dan jalankan update. Apabila gagal, restorasikan saja BIOS yang lama.

Catatan: Apabila produsen tidak menyediakan utility update khusus, gunakan UniFlash atau Dr. DOS BIOS Boot Disk yang dapat diperoleh di www.wimsbios.com/biosutil.jsp.

Untuk meng-update driver, gunakan versi demo Everest Ultimate Edition (www.lavalys.com). Setelah Start, Everest akan mengidentifikasi hardware yang ada. Setelah itu, pilih “Report|Report Wizard”. Batasi pada “Hardware related-pages” dan buat sebuah file HTML. Dalam laporannya tersedia juga link ke produsen setiap komponen hardware. Periksa di sana, apakah tersedia sebuah driver baru. Jika tersedia, download dan instal driver tersebut.

Setelah semua driver ter-update, jalnakan PCMark. Pada PC yang dipakai, terjadi peningkatan performa dari 3.260 menjadi 3.566 poin. Ini setara dengan peningkatan sekitar 9%.

Cukup Menginjak Pedal Gas: Overclocking Otomatis

Sekarang saatnya memberi motherboard tambahan “gigi”. Hampir semua produsen motherboard menawarkan program dan konfigurasi BIOS untuk overclocking PC dengan mudah. Pada contoh berikut ini kami akan menunjukkan caranya pada motherboard ASUS P5B. Pada motherboard lain caranya kurang lebih sama.

Apabila Anda ingin meng-overclock PC dari desktop Windows, gunakan program overclocking khusus dari produsen motherboard, seperti OC Guru (Abit), EasyTune (Gigabyte), atau AI Suite dari ASUS.

Untuk overclocking otomatis dengan AI Suite, pilih “AI N.O.S.” Pada “NOS Mode” pilih opsi “Manual” dan “Auto” untuk “Sensitivity”. Program secara otomatis melakukan overclocking jika prosesor mendapat beban (load) tinggi. Agar setting aktif, restart PC. Saat restart, periksa di BIOS melalui “Advanced|JumperFree Configuration”, apakah “AI Tuning” di atur pada “AI NOS” dan “NOS Mode” pada “Auto”. Bila tidak, atur seperti itu. Simpan dengan menekan [F10] dan start Windows.

Terakhir periksa, bagaimana hasil overclocking otomatis dengan AI NOS. Untuk itu, instal utility OCCT (www.ocbase.com/perestroika_en). Setelah start, pilih “Custom” dan “Mix” dalam daftar. Klik “On” untuk menjalankan stress test pada PC. Apabila PC tetap berfungsi stabil, berarti PC tersebut telah stabil.

Catatan: Apabila Windows tidak dapat di-start setelah overclocking, batalkan setting dalam BIOS Setup yang dibuat oleh AI NOS melalui “Advanced|JumperFree Configuration|AI Tuning”.

Saingan: Perintah-Perintah yang Menghambat

Apabila stress test berhasil dilalui dengan baik, ukur kembali peningkatan performa. Pada pengujian hasilnya cukup bagus, tetapi hasil yang dicapai (3.780 poin) dianggap masih terlalu sedikit. Apabila Anda pun merasakan hal yang sama, setting BIOS bisa sedikit membantu.

Mulailah melalui menu “Advanced|CPU Configuration”. Nonaktifkan “C I E Support”. Fasilitas ini (bila didukung) memang dapat menurunkan konsumsi daya sehingga ramah lingkungan, tetapi sayangnya membuat tegangan core (Vcore) pada motherboard ASUS P5B menjadi terlalu rendah. Apabila Anda menggunakan Q-Fan yang terintegrasi pada AI Suite sebagai pengganti SpeedFan, lihat dalam “Power|Hardware Monitor”, apakah setting BIOS sudah tepat. Pada PC yang diuji, Q-Fan tidak memperhatikan sebuah setting: “Chassis Q-Fan Control” harus diatur pada “Enabled” agar kipas berfungsi dengan benar. Di bawah “Chipset|North Brigde Configuration” terdapat “PEG Link Mode” yang Anda atur pada “Auto”. Dalam setting lain, fasilitas ini meningkatkan clock speed PCIe bus sekitar 15%, di mana PC yang telah di-overclock bisa menjadi tidak stabil.

PCMark Vantage memberi 3.814 poin setelah tuning kipas. Overclock maksimal 20% (3.912 poin) yang dapat dilakukan oleh AI NOS tidak tercapai, tetapi PC tes berfungsi stabil. Anda tidak perlu khawatir komponen PC rusak akibat kepanasan. Namun, bagi Anda yang lebih “pede” masih dapat “mengangkat” PC lebih jauh.

Bagi Para Profesional: Genjot Hingga Batas Maksimum

Pada tahapan “kritis”, tersimpan potensi peningkatan performa 30% ke atas. Apakah tuning hardware semacam itu layak dilakukan, tergantung keputusan Anda. Peningkatan yang signifikan memang cukup menggoda, tetapi usia komponen akan pendek dan Anda pun bisa saja membutuhkan sistem pendinginan non-stardar, seperti water cooling.

Anda dapat “menggali” potensi BIOS dan PC lebih dalam dengan manual overclocking. Overclock seperti ini biasanya diterapkan pada clock speed FSB yang meningkatkan performa semua komponen yang ada. Kami memilih metode ini setelah mengatur beberapa setting dalam BIOS.

MENYIAPKAN SISTEM: Melalui “Advanced|JumperFree Configuration” atur “AI Tuning” pada “Manual”. Karena PCI bus sangat sensitif terhadap overclocking, atur agar clock speed-nya statis melalui “PCI Express Frequency|100” dan “PCI Clock Synchronization Mode|33.33 MHz”.

Konfigurasi memori pun perlu “digarap”. Pilih nilai terendah sebagai “DRAM Frequency””. Pada Asus P5B nilainya “DDR2-533MHz” atau berada di atas clock speed asli (karena overclock FSB). Atur juga “Memory Voltage” pada “1.90 V”.

Selanjutnya, pindah ke menu “Advanced |Chipset|North Brigde Configuration”. Di sana, atur “Configure DRAM Timing by SPD” pada “Disabled” dan pilih 5 untuk nilai CAS# Latency, RAS# to CAS# Delay, dan RAS# Prechange. Adapun untuk nilai RAS# Activate berikan nilai 15. Nilai-nilai lainnya biarkan apa adanya atau pilih “Auto”.

Pertanyaan terakhir mungkin mengkhawatirkan bagi sebagian orang. Prosesor dengan beban besar pasti butuh tenaga besar. Jadi perlukah tegangannya ditingkatkan? Bila ya, berapa? Tegangan core yang tinggi membuat prosesor menjadi panas. Pada sistem pendinginan buruk, usia prosesor akan turun drastis. Sebaliknya bila tegangan terlalu rendah, PC menjadi kurang stabil. Di sini, solusinya hanya mencoba dan menempun risiko. Tingkatkan tegangan core sedikit demi sedikit. Berdasarkan pengalaman, tegangan di atas 1.4 V cukup berbahaya bagi prosesor yang diuji (Intel E6600), terutama bila menggunakan kipas prosesor biasa.

PC OVERCLOCKING: Apabila prosesor stabil, tuning dapat dimulai. Masukkan ke dalam BIOS sebuah nilai yang lebih tinggi 20 MHz daripada yang ditampilkan melalui “Advanced|JumperFree Configuration|CPU Frequency”. Selanjutnya, jalankan sebuah stress test dengan OCCT. Pantau suhu prosesornya melalui “Power|Hardware Monitor” dalam BIOS atau dengan AI Suite dan OCCT dalam Windows.

Usahakan agar suhu prosesor berada di bawah 60 derajat Celsius. Sedangkan pada beban penuh, tidak boleh lebih dari 90 derajat Celcius. Suhu di atas itu akan berbahaya bagi prosesor. Selama sistem berfungsi stabil, Anda bisa terus meningkatkan “CPU Frequency”. Apabila timbul masalah, turunkan clock speed per 10 MHz hingga Windows dan aplikasi kembali berfungsi stabil.

OPTIMALISASI RAM: Apabila clock speed ideal telah dicapai, atur memori melalui “Advanced|Chipset|North Bridge Configuration”. Turunkan nilai CAS# Latency menjadi 3 dan cobalah men-start Windows. Apabila tidak berhasil, naikkan nilainya menjadi 4. Lakukan prosedur yang sama pada “RAS# to CAS# Delay” dan “RAS# Prechange”. “RAS# Activate to Prechange” yang tidak terlalu sensitif dapat Anda beri nilai 10. Pada prinsipnya, semakin rendah nilainya, semakin cepat memori bekerja. Namun, ia harus mampu memproses nilai-nilai yang lebih rendah. Sebagai alternatif, Anda pun dapat meningkatkan PC dan membawa nilai-nilai yang valid dari chip memorinya secara langsung.

HASIL: Akhirnya, didapatkan pencapaian overclock prosesor dari 2.4 GHz menjadi 3.058. Ini artinya, terjadi peningkatan sekitar 27% atau 3.983 poin dalam PCMark. Peningkatan kinerja PC yang lebih besar masih bisa Anda capai. Syaratnya gunakan pendinginan khusus (non standar) yang tentu tidak murah.

Software Freeware 20

Software Freeware 20

36-Image Converter 4.5.3.72

Convert Images Into 35 Other Types

Sesuai dengan namanya, 36-Image Converter, dapat digunakan untuk mengubah format file-file gambar ke format lainnya. Uniknya, aplikasi ini mendukung sampai dengan 36 macam tipe gambar yang berbeda, seperti: icon, pdf, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa tool untuk pengeditan sederhana pun disediakan: resizing dan filtering.

Download: www.phoenxsoftware.com/36-ic.html (7168 KB)

OS: Windows XP

ATI Tray Tools 1.3 Stable

Radeon Card Tweaker

Syarat utama agar dapat menggunakan aplikasi ini, tentu saja adalah memiliki ATi Radeon card terlebih dahulu di komputer Anda. Aplikasi sederhana ini muncul di system tray. Fungsinya untuk memberikan kemudahan bagi Anda mengakses setting dan menu tertentu bagi Radeon card. ATI Tray Tools juga sudah mendukung Control Center ATI, maupun overclocking dengan template tertentu.

Download: www.radeon2.ru/atitray (1536 KB)

OS: Windows XP

Autorun.inf. Check 1.0.3.5

A Handy Autorun.inf Scanner

File aneh yang bernama Autorun.inf bersarang di flash drive atau harddisk Anda. Bukan file yang mengganggu karena file virus yang mengiringinya sudah mampu dienyahkan. Namun, file autorun.inf tidak turut terbuang. Terkadang membuangnya secara manual tidak dimungkinkan. Gunakan aplikasi ini untuk lebih mudahnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuka drive tanpa mesti menjalankan file autorun.inf.

Download: www.securetext.persiangig.com (107 KB)

OS: Windows XP

Belarc Advisor 7.2.24.19

Detailed Profile of Your Computer

Agar dapat menjalankan aplikasi ini, Anda membutuhkan Internet Explorer 3, Netscape 3, Opera, maupun Firefox. Browser ini digunakan untuk menampilkan hasil yang telah Anda dapatkan setelah menjalankan aplikasi ini. Belarc Advisor berfungsi untuk menampilkan keseluruhan informasi seputar software (termasuk update Windows), maupun hardware yang ada di dalam komputer Anda.

Download: www.belarc.com/free_download.html (1843 KB)

OS: Windows XP

Bulk Image Resizer 1.1

Resize Batch Image Files

Jika Anda hanya membutuhkan sebuah aplikasi dengan fungsi untuk mengubah ukuran file-file gambar menjadi lebih kecil, untuk apa aplikasi yang memakan resource banyak? Pilih aplikasi yang tepat dan tidak membuang-buang energi komputer. Sebagai alternatifnya, Anda dapat memilih aplikasi ini. Bukl Image Resizer mampu melakukan proses pengubahan ukuran secara banyak, sekaligus dalam satu waktu.

Download: www.mariussoft.com/Products.aspx (315 KB)

OS: Windows XP

ComicReader 0.4

Read Daily Comics

Anda sangat gemar membaca komik secara online? Setiap hari Anda berlangganan berbagai jenis komik. Untuk lebih membuat Anda merasa nyaman saat membacanya, coba gunakan aplikasi yang satu ini. ComicReader berfungsi untuk membuka file-file komik dan menampilkannya dalam bentuk yang lebih nyaman. Anda dapat memilih berbagai komik, seperti Dilbert, Garfield, dan lain sebagainya.

Download: www.javaisp.net/comicreader (3133 KB)

OS: Windows XP

DataRecovery 2.4.6

Undelete Deleted Files

Tanpa sengaja Anda membuang file yang sangat penting dari harddisk. Setelah mencarinya di recycle bin, Anda tidak menemukannya juga. Sebagai alternatif, gunakan DataRecovery. Meski tidak menjamin sepenuhnya data Anda akan kembali namun tidak ada ruginya mencoba aplikasi ini. DataRecovery mendukung berbagai jenis partisi, seperti FAT 12, FAT 16, FAT 32, dan NTFS.

Download: www.tokiwa.qee.jp/EN/dr.html (412 KB)

OS: Windows XP

Debugging Tools 6.11.1.402

Debug Drivers, Applications, and Services

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan proses debug terhadap driver, aplikasi, maupun service tertentu di komputer. Operating system yang didukung: Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server yang diberi julukan Longhorn. Sebelum itu, Anda membutuhkan aplikasi Internet Explorer terinstal di komputer Anda.

Download: www.microsoft.com (17306 KB)

OS: Windows XP

Double Vision 1.0

Transparent Browser Utility

Mungkin Anda pernah membuka file-file multimedia, seperti film sambil melakukan browsing ke dunia Internet. Secara default, Anda dapat mengubah tampilan menjadi dua bagian di dalam satu layar. Namun, hal ini akan mengurangi kenikmatan Anda menonton atau browsing. Aplikasi ini membuat browser menjadi transparan sehingga Anda tetap dapat menonton meski sambil ber-internet ria.

Download: www.godoublevision.com (2150 KB)

OS: Windows XP

DVD Flick 1.3.0.5

Convert Video to DVD

Kemungkinan Anda memiliki beberapa film pada harddisk yang lebih menarik jika di saksikan bersama dengan anggota keluarga lainnya. Namun, untuk dapat melakukan itu, Anda harus mengonversinya terlebih dahulu ke format DVD. Film tersebut harus dapat dijalankan pada DVD player biasa yang ada di ruang keluarga Anda. DVD Flick dapat membantu Anda melakukan hal ini dengan mudah, dan cepat.

Download: www.dvdflick.net (12186 KB)

OS: Windows XP

Easy Time Control Free 5.1.123

Time Management Solution

Sebelumnya, Anda membutuhkan terlebih dahulu aplikasi bernama .NET Framework. Easy Time Control merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pengaturan waktu kerja di perusahaan yang Anda jalankan. Anda hanya membutuhkan sebuah database yang dapat di-share ke semua orang agar penempatan data menjadi maksimal. Aplikasi ini sangat cocok bagi bisnis tingkat menengah ke bawah.

Download: www.easytimecontrol.com/free-time-tracking-software.asp (31334 KB)

OS: Windows XP

eXPress Collage Suite 5.0

Digital Photos Editor, and Creator

Kumpulan foto akan lebih menarik jika Anda perlihatkan, baik ke keluarga terdekat, maupun teman-teman Anda. Bagaimana mempublikasikannya secara mudah? eXPress Collage Suite merupakan aplikasi yang berhubungan dengan pembuatan album foto. Anda dapat memilih untuk berbagai keperluan: membuat ebook, album digital, atau yang lainnya. Hasilnya pun dapat Anda buat dalam bentuk .exe.

Download: www.expresspartners.com/collage_ebook.htm (23635 KB)

OS: Windows XP

All about Google

All about Google

Gmail

Mungkin Anda masih ingat saat layanan e-mail gratis berlomba-lomba memberikan kapasitas space yang lebih besar dari sebelumnya, hal yang menjadi pemicunya adalah kehadiran Gmail. Saat sebuah perusahaan ternama seperti Google menawarkan layanan e-mail tentunya membuat ketar-ketir kompetitornya.

Padahal bisa dikatakan peluncuran layanan e-mail dari Google pada 1 April 2004 ini sudah dapat diprediksi. Sebagai search engine yang sukses, tentunya cepat atau lambat Google akan berekspansi ke arah ini. Walaupun demikian, kelahiran Gmail bukanlah hal yang mudah, diperlukan waktu 7 tahun pengembangan sebelum Gmail diumumkan ke publik. Hingga saat ini, status Gmail masih versi Beta walaupun secara umum sudah cukup stabil dan memuaskan.

Gmail memiliki banyak kelebihan dibandingkan layanan serupa, antara lain menawarkan POP3 dan IMAP gratis, tampilan webmail yang friendly dan interaktif dengan pemrograman AJAX, serta kemampuan spam filter yang baik. Keunggulan-keunggulan yang tidak (atau jarang) dimiliki kompetitornya ini langsung terasa bagi pengguna.

Gmail adalah contoh layanan yang sukses karena berbeda dan dapat memberikan sesuaut yang lebih baik, walaupun sebelum kehadirannya terdapat banyak layanan e-mail yang popular.

Google Earth

Satu lagi layanan Google yang spektakuler adalah Google Earth, yang dikenal sejak tahun 2005. Perusahaan di belakang terciptanya engine Google Earth ini adalah Keyhole Inc, yang waktu itu menamakan engine-nya dengan Earth Viewer. Keyhole Inc kemudian di-akusisi oleh Google, di sini kita harus angkat topi atas kejelian Google menggandeng Keyhole Inc dan mempopulerkan teknologi yang mencengangkan ini.

Proses gabungan dari gambar via satelit, GIS (Geographical Information System) berbasis 3D, dan Aerial Photography yang memungkinkan pengambilan gambar dari perspektif atau angle tertentu, merupakan proses inti dari Google Earth.

Walau tidak selalu dapat menampilkan objek dengan tampilan 3D, tetapi hal tersebut hanya masalah waktu dengan semakin banyaknya objek yang dapat dilihat 3D. Misalnya, pada Agustus 2007, kota Hambrug di Jerman menjadi kota pertama yang dapat dilihat seluruhnya dapat perspektif 3D. Dengan hanya duduk di depan komputer dan mengakses Google Earth, Anda dapat melihat dunia dari perspektif seekor burung yang terbang bebas.

Google Earth kemudian melahirkan fitur-fitur lainnya seperti Google Sky untuk melihat ke luar angkasa, tersedia online pada URL http://www.google.com/sky. Contoh lainnya adalah Google Ocean yang diperkenalkan pada Februari 2009, memungkinkan pengguna “menyelam” dan melihat ke dasar laut, siapa tahu dengan Google Ocean Anda dapat menguak misteri monster Loch Ness atau segitiga bermuda?

Tidak ketinggalan, Anda juga dapat melihat Mars di http://www.google.com.mars dan menyusul Neil Armstrong melihat bulan di http://www.google.com/moon.

Android

Berbeda dengan kebanyakan layanan Google lain yang tidak jauh-jauh dari Internet, Android menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda: sebuah platform dari operating system open source untuk perangkat mobile! Seperti Google Earth, Android lahir setelah Google mengakusisi perusahaan lain, kali ini bernama Android Inc.

Fitur-fitur Android, antara lain menggunakan database SQLite, mendukung jaringan GSM/EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi. Web browser yang tersedia dalam Android berbasis pada WebKit application framework. Dan bagi Anda penggemar multimedia, Android mendukung format-format seperti MPEG-4, H.264, MP3, AAC, OGG, JPEG, dan lain sebagainya.

T-Mobile G1 buatan HTC merupakan ponsel pertama yang menggunakan platform Android, dan akan menyusul perangkat-perangkat mobile dari perusahaan seperti Motorola, Huawei Technologies, Lenovo, Samsung dan lain-lain.

Jeroan Android berbasis kernel Linux, sementara aplikasinya ditulis dengan C atau bahasa pemrograman lainnya yang dapat di-compile dan berjalan pada arsitektur ARM.

Tentu saja, walaupun pasar operating system untuk perangkat mobile adalah ladang baru untuk Google, tetapi dapat diintegrasikan dengan layanan Google yang lain. Google jelas sudah memiliki visi bahwa teknologi Internet akan merambah luas pada perangkat mobile.

Google Notebook

Google Notebook tidak ada hubungannya dengan perangkat keras notebook, pengertian notebook di sini adalah buku catatan. Walaupun tidak terlalu popular, tetapi ide Google Notebook ini menarik dan sebagian dari Anda mungkin merasakan layanan ini sangat membantu.

Perumpamaannya seperti ini, ketika Anda membentuk kelompok belajar, katakanlah sebanyak 5-6 orang, masing-masing mencari bahan melalui Internet sehingga terkumpul data yang siap diolah. Tanpa Google Notebook, mungkin setiap anggota menyimpan bahan-bahan yang ditemukannya pada sebuah dokumen, lalu saling bertukar dokumen dengan anggota lainnya melalui e-mail atau media komunikasi lainnya.

Dengan Google Notebook yang dapat diakses pada URL http://www.google.com/notebook, dengan mudah Anda menyimpan text, link, ataupun image pada browser ke dlaam sebuah account Google Notebook yang dapat diakses oleh setiap anggota kelompok secara online. Anda juga dapat mengakses kapan dan di mana saja, sejauh Anda menemukan komputer yang memiliki koneksi Internet.

Untuk memudahkan browsing sambil menggunakan Google Notebook, Anda dapat men-download extension pada URL http://www.google.com/notebook/download, setelah Extension tersebut terinstal, akan tampil sebuah icon Google Notebook pada kanan bawah browser Anda (extension ini tersedia untuk Mozilla Firefox dan Internet Explorer). Anda dapat memasukkan kontek ke Google Notebook dengan klik kanan dan memilih menu Note this (Google Notebook).

Saat ini pengembangan Google Notebook telah dihentikan, walaupun layanannya masih tetap dapat digunakan.

Knol

Pada awal kemunculannya di Desember 2007, Knol sering disebut sebagai upaya untuk menyaingi Wikipedia. Konsepnya memang mirip, yaitu setiap kontributor dapat menciptakan artikel sendiri dan mengedit artikel dari kontributor lain.

Per 16 Januari 2009, Google mengumumkan bahwa perkembangan Knol (http://knol.google.com) telah mencapai 100.000 artikel, memang masih jauh ketinggalan dibandingkan http://en.wikipedia.org yang saat ini artikel ini ditulis memiliki sekitar 2,7 juta artikel dalam bahasa Inggris.

Salah satu hal yang berbeda dengan Wikipedia, Knol menginjinkan kontributor lain menuliskan komentar, tetapi kita justru akan banyak menemukan komentar yang mengandung promosi, atau bahkan memancing debat, membuat Knol seakan tidak tertata sebaik Wikipedia. Jelas, untuk saat ini Knol bukanlah Wikipedia killer.

Google X

Google X menawarkan searh engine seperti biasanya, tetapi dengan tampilan animasi dock seperti pada operating system Max OS X. Google X yang dirilis pada tahun 2005 mungkin merupakan layanan Google yang tersingkat karena hanya berumur 1 hari. Walaupun demikian, sampai saat ini Anda masih dapat menemukan banyak web mirror Google X.

Google AdSense

Merupakan layanan Google yang menghebohkan dan bisa dibilang membuat marak bisnis mencari uang di Internet. Cara kerjanya mudah dan menunjukkan bagaimana sebuah ide sederhana ternyata berdampak dahsyat saat telah berjalan.

Berikut konsep dasarnya, si X memiliki website dan menampilkan iklan (dalam bentuk text, gambar, ataupun video) yang dikelola Google, yang bekerja sama dengan si Y sebagai pemasang iklan. Google akan memberikan revenue pada si X berdasarkan kriteria tentunya (misalnya per-click, per-action, per-sale, dan lain-lain).

Konsep ini memang sebuah win-win solution bagi si X (pemilik website) maupun si Y (si pemasang iklan), dan tentunya juga bagi Google sebagai penyelenggara. Merupakan hal yang positif jika yang terjadi adalah si X berusaha memikat pengunjung website dengan cara meningkatkan mutu website-nya, tetapi sebagian lain memilih jalan pintas untuk mendapatkan revenue, dan terciptalah cara-cara tidak fair dan lebih banyak merugikana seperti menciptakan webiste zombie, spam sampai dengan copy paste konten luar agar website-nya tampak atraktif.

Google AdWords

Pemahaman AdSense dan AdWords sering rancu, walaupun sebenarnya sederhana.

Jika pada Google AdSense, pembahasannya lebih berat dari sisi X atau pemilik website, maka pada Google AdWords, pembahasannya dari sisi Y atau pemasang iklan.

Jadi, Google AdWords diperuntukkan bagi pemasang iklan yang ingin menampilkan iklannya pada website-website (si X), Anda sebagai pemasang iklan akan membayar Google saat seseorang mengklik iklan Anda.

Kalimat yang mudah untuk membedakan AdSense dan AdWords adalah: Google membayar kita saat kita menaruh AdSense pada website kita dan kita membayar Google saat kita menaruh AdWords pada Google.

Picasa

Picasa merupakan aplikasi untuk mengorganisasikan dan mengedit foto digital, diciptakan oleh Idealab yang (lagi-lagi) diakusisi oleh Google pada tahun 2004. Di tangan Google, Picasa menjadi freeware yang bebas di-download dengan dukungan berbagai operating system popular. Fitur yang terdapat pada Picasa adalah fungsi-fungsi dasar pengeditan foto, slide show, ataupun integrasi dengan layanan online photo printing.

Untuk layanan Internert, Google meluncurkan Picasa Web Albums (PWA), yang merupakan aplikasi web photo sharing yang bisa dikatakan berkompetisi dengan Flickr. PWA mendukung kapasitas penyimpanan gratis hingga 1 GB, juga memperkenalkan fungsi face recognition yang menerapkan teknologi yang dibuat oleh Neven Vision (yang juga diakusisi Google).

Blogger

Sebuah blog host yang sangat popular milik Google. Diciptakan olah Pyra Labs yang meluncurkannya pada tahun 1999, yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Pengguna dapat membuat blog dengan hanya tiga langkah mudah seperti yang tertulis pada blogger.com, juga dapat menentukan nama sub domain dengan domain utama pada blogspot.com, sehingga blog Anda akan bernama (nama_subdomain).blogspot.com.

Pertanyaan menarik, mengapa blogger baru sukses besar setelah berada di tangan Google? Selain karena nama besar Google dan marketing-nya, Blogger juga didukung dengan layanan Google yang lain seperti AdSense, tidak mengherankan jika sebagian orang mungkin memiliki anggapan bahwa blogspot.com adalah tempatnya menampilkan iklan.

Dari sisi engine, Blogger mempertahankan interaksi yang friendyly, misalnya dalam mengatur layout dan menambah elemen/widget, walaupun untuk menampilkan beberapa fitur harus sedikit repot melakukan modifikasi HTML/CCS, misalnya untuk menambahkan fitur read more atau menampilkan menu header horizontal. Hingga saat ini Blogger tidak menjadikan enginenya sebagai CMS yang dapat digunakan secara bebas. Entah apakah suatu saat Google tertarik terjun berkompetisi dengan CMS popular seperti WordPress. Joomla, dan seterusnya.

Google Code Search

Layanan ini khusus bagi para programer, yaitu layanan pencarian kode program open source yang terdapat di Internet. Mungkin karena digunakan oleh programer, maka pencarian pada search engine ini dapat menggunakan regex (regular expression).

URL Google Code Search terdapat pada URL http://www.google.com/codesearch.

Google Chrome

Google juga masuk dalam kompetisi ketat web browser, dengan meluncurkan Google Chrome untuk kali pertama di September 2008. Strategi pengembangan Chrome ditekankan pada keunggulan kecepatan, keamanan, dan kestabilan, selain tentunya interface yang menarik.

Saat ini, Chrome berhasil merebut market sekitar 1% sebagai web browser yang paling banyak digunakan, hal ini sudah merupakan prestasi luar biasa sebagai web browser yang baru seumur jagung, dan hanya berada dibawah Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Safari.

Walaupun demikian, ada satu hal yang cukup ditunggu pada Chrome tetapi baru akan diimplementasikan kemudian, yaitu Google Chrome Extensions.

Google Docs

Berawal dari aplikasi word processor bernama Writely (dibuat oleh perusahaan bernama Upstarle), dan aplikasi Google Spreadsheets, kolaborasi dua produk ini kemudian melahirkan aplikasi office online (word processor, spreadsheet, dan presentation) berbasis web yang dinamakan dengan Google Docs.

Google Docs memungkinkan antara pengguna membuat dan mengedit dokumen secara bersamaan, sehingga masing-masing pengguna tidak perlu bekerja offline: memiliki dokumen yang terpisah, meng-update-nya, dan menggabungkan kembali. Dengan Google Docs, cukup dibutuhkan satu dokumen untuk semua. Walaupun secara default dokumen tersimpan pada server Google, Google Docs juga mendukung penyimpanan dokumen pada komputer pengguna.

Google Apps

Dari berbagai layanan dan produk yang ada, Google lalu menggabungkannya ke dalam sebuah layanan yang dinamakan dengan Google Apps. Termasuk di dalamnya adalah Gmail, Google Calendar, Google Docs, Google Talk, dan Google Sites.

Google Apps termasuk dalam kategori online office suite, atau istilah lain yang digunakan adalah Office 2.0, dengan penekanan pada sentralisasi (dari sisi data maupun aplikasi), kolaborasi dan sharing antara pengguna. Hanya saja karena Google Apps menyediakan paket lengkap, maka cakupan penggunaannya juga lebih luas, dari individu, institusi pendidikan, dan perusahaan.

Mungkin permasalahan abadi yang terdapat pada sistem online seperti ini adalah mengenai keamanan data, tentu kita akan lebih merasa aman dan tenang menyimpan benda berharga di rumah sendiri dibandingkan di rumah tetangga (baca: remote server) walaupun rumah tetangga diklaim memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

YouTube

YouTube yang terkenal dengan video sharingnya, dibeli Google pada November 2008. Sampai saat ini Google tidak mengubah nama YouTube yang sudah dikenal, dan memang YouTube meraih popularitasnya bukan karena Google.

Apa yang Akan Menyusul?

Masih banyak layanan dan produk Google lainnya, tetapi cukuplah bagi kita untuk menyimpulkan bahwa di balik kesuksesan Google, sepak terjang Google bukanlah tanpa rintangan, ada kerja keras, ada prinsip yang dipegang, ada strategi yang tepat, dan tenunya banyak kegagalan yang berbuah keberhasilan.

Kreativitas dan inovasi tiada henti dari Google mungkin membuat kita bertanya, apa lagi yang sedang dipersiapkan dalam dapur Google untuk disajikan ke publik? Apakah operating system untuk desktop, atau game RPG dengan setting nyata di bumi yang didukung oleh Google Earth, atau ide gila lainnya? Semua rasanya mungkin saja terjadi, semakin banyak yang telah dilakukan oleh Goole, semakin besar kepercayaan publik.

Dalam ruang lingkup yang lebih kecil, kita secara individu juga tidak jauh berbeda. Anda tentu juga memiliki segudang ide, jangan ragu berimajinasi, menggali, dan mencoba mewujudkannya.

Software Freeware 19

Software Freeware 19

DVD Flick

Membuat DVD dari Klip-Klip Video

Pilih video dan buat menunya, maka DVD Anda langsung tercipta. Tidak ada yang lebih cepat daripada program authoring DVD Flick. Semua opsi penting diatur sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu mengubah apa pun. DVD Flick mendukung impor berbagai format audio dan video yang populer untuk membuat DVD. Project yang sudah selesai dapat langsung dibakar pada sebuah keping CD, DVD (termausk dual layer), atau dalam sebuah file ISO.

TIPS 1: Pada bagian “Project Settings|Video” tersedia empat encoding profile yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menentukan, apakah kecepatan atau kualitas gambar yang lebih dipentingkan. DVD lebih cepat rampung dengan profile “Fastest”, tetapi kualitas gambar tampak kurang bagus, terutama pada film panjang. Dengan profile “Best” kualitas gambar akan lebih baik.

TIPS 2: Apabila Anda ingin membakar beberapa video pada DVD, disarankan membuat menu untuk navigasi yang lebih baik. Melalui “Menu Settings”, pilih salah satu template yang dapat Anda lihat langsung dalam preview yang ada di sebelah kanan. Tandai opsi “Enable Menu” agar menu tampak pada DVD.

TIPS 3: Melalui fungsi “Edit Title|Audio tracks”, Anda pun dapat mengganti klip audio untuk mengganti ilustrasi musiknya dengan lagu-lagu favorit Anda.

Info: www.dvdflick.net

OS: Windows 2000 – XP – Vista

HDShredder

Hapus Data Tanpa Sisa

Sebelum membuang, memberikan, atau menjual PC lama Anda, hapus semua data yang tersimpan dalam hard disk dengan program penghapus file yang tepat. Salah satu pilihannya, yaitu HDShredder, bisa dijalankan melalui disket atau CD. Boot PC Anda dari disket atau CD tersebut dan pilih drive dalam menu. File-file Anda ditimpa berulang kali hingga tidak dapat direstorasi kembali.

TIPS: Untuk penggunaan standar, versi freewarenya sudah memadai bagi Anda. Versi komersial yang dijual seharga US$ 40 menawarkan fungsi yang lebih banyak dan kemampuan hapus yang lebih baik.

Info: www.miray.de

OS: Windows 98 – ME – 2000 – XP – Vista

Partition Manager

Mempartisi Hard Disk

Modifikasi partisi yang telah dibuat tidak mudah dilakukan di Vista. Windows versi terdahulu bahkan sama sekali tidak menyediakan fungsi tersebut. EASEUS Partition Manager bisa digunakan untuk memodfikasi partisi (membuat, memperbesar, atau memperkecil) tanpa kehilangan data. Selain itu, aplikasi ini dapat memeriksa kondisi hard disk.

TIPS: Untuk menyembunyikan sebuah partisi, pilih partisi dan klik menu “Partitions|Advanced|Hide”. Kini, Anda telah dapat melindungi berbagai data sensitif secara efektif dari akses orang lain.

Info: www.partition-tool.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

doPDF

Membuat File PDF

Setelah meng-install-nya, doPDF akan berfungsi sebagai printer virtual Windows yang akan memberikan output file PDF dari berbagai dokumne teks, foto, mail, presentasi, atau halaman web. Buka file dengan masing-masing program lalu cetak. Pilih printer doPDF lalu perintahkan untuk mencetak melalui “Print”. Terakhir, masukkan folder tujuan untuk PDF yang akan dibuat.

TIPS: Pilih “Printing preferences” dalam menu konteks “doPDF v6” dan tentukan ukuran halaman, resolusi, dan skala yang diinginkan.

Info: www.dopdf.com

OS: Windows XP – Vista

Sisoft Sandra Lite

Cek Kemampuan PC

Sisoft Sandra menyediakan informasi detail mengenai semua komponen hardware, status sistem operasi, atau koneksi jaringan. Namun, fungsi utama program ini adalah menyediakan berbagai fasilitas benchmark untuk menganalisis kemampuan PC Anda. Versi terbaru menyediakan perbaikan pada pengujian graphic dan dukungan pada standar DirectX 9 dan DirectX 10.

TIPS: Melalui “Tools|Analysis and Advice”, Anda dapat menjalankan sebuah wizard untuk mengoptimalkan PC.

Info: www.sisofware.net

OS: Windows XP – Vista

Fitur Baru Windows 7

Fitur Baru Windows 7

Start Menu dan Taskbar

Taskbar pada Windows 7 mengalami perubahan tampilan termasuk tombol start Windows. Menu Windows hampir sama dengan Windows Vista, tetapi kalau diperhatikan ada tombol Shutdown secara langsung dapat diklik.

Resolusi Display

Kita dapat melakukan perubahan resolusi display secara langsung dengan cara mengklik kanan dan memilih menu Screen Resolution. Setelah mengklik menu ini, kita akan mendapatkan kotak dialog. Kita dapat mengubah resolusi display dengan mengklik pilihan resolution yang disediakan.

Internet Explorer 8

Microsoft menyediakan Internet Explorer 8 pada Windows 7. Browser ini browser terbaru yang menyediakan fitur dan keandalan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Ada banyak perbaikkan sistem keamanan pada Internet Explorer 8.

Windows Explorer

Windows Explorer juga mengalami perubahan tampilan terutama ada penambahan preview panel.

Gadget

Kita dapat menggunakan Gadget secara langsung dengan mengklik kanan pada dekstop sehingga muncul menu. Pilih Gadget, maka kita akan mendapatkan kotak dialog Gadget. Dan pilihlah Gadget yang diinginkan.

Calculator

Aplikasi calculator pada Windows 7 juga mengalami perubahan tampilan. Button calculator jauh lebih soft.

Paint

Microsoft juga melakukan modifikasi MS Paint pada Windows 7. Sekarang aplikasi MS Paint sudah memiliki toolbar Ribbon.

WordPad

Selain MS Paint, Microsoft mengubah fitur dan tampilan aplikasi WordPad layakany seperti Microsoft Office 2007. Sekarang toolbar berbentuk Ribbon.

Theme/Personalize

Fitur ini sangat menyenangkan karena kita dapat melakukan kustomisasi desktop pada Windows 7. Dengna cara mengklik kanan pada desktop dan memilih menu Personalize sehingga kita akan mendapatkan kota dialog Personalize. Fitur ini memungkinkan kita melakukan perubahan tampilan desktop, icon ataupun mouse.

Performance

Topik ini sering dipertanyakan, apakah performance jauh lebih bagus daripada Windows Vista atau Windows XP? Dari pengamatan dan uji coba antara Windows 7 dan Windows Vista ditemukan bahwa Windows 7 jauh lebih bagus dan lebih cepat daripada Windows Vista. Sedangkan kalau dibandingkan dengan Windows XP, pada kondisi tertentu Windows XP ada yang lebih cepat tetapi secara umum WINdows 7 masih menjauh lebih baik. Windows 7 ini masih Beta sehingga ada waktu Microsoft perbaiki performance Windows 7.

Instalasi dan Konfigurasi Windows 7

Instalasi dan Konfigurasi Windows 7

System Requirements

Untuk menjalankan Windows 7 dibutuhkan beberapa resource komputer. Berikut minimum system requirements untuk Windows 7:

· 1 GHz 32-bit atau 64-bit processor

· 1 GB Memory

· 16 GB free disk space

· Support DirectX 9 graphics dengan 128 MB Memory

· DVD-R/W Drive

· Internet acces (untuk aktivasi dan update Windows)

Mendownload Windows 7 Beta

Kita dapat men-download ISO Windows 7 Beta secara gratis di website Microsoft. Windows 7 menyediakan versi 32-bit dan 64-bit. Alamat men-download-nya sebagai berikut:

http://www.microsoft.com/windows/windows-7/beta-download.aspx

ketika men-download file ISO Windows 7 Beta, kita juga akan mendapatkan product key untuk keperluan instalasi. Jangan lupa untuk mencatat product key Windows 7.

Upgrading ke Windows 7

Kita dapat melakukan upgrading OS Windows yang telah kita miliki ke Windows 7. OS Windows yang di-support untuk upgrading adalah Windows Vista SP1. Apabila OS Windows Vista kita belum di-instal SP1 atau Windows XP, maka akan mendapatkan kegagalan ketika melakukan upgrading kecuali ketika melakukan upgrading terlebih dahulu.

File ISO Windows 7 hasil download dapat dilakukan burning ke DVD kosong supaya dapat digunakan untuk instalasi atau upgrading. Berikut ini langkah-langkah upgrading Windows 7 dari Windows Vista SP1:

1. Masukkan DVD Windows 7.

2. Klik file setup .exe apabila DVD Windows 7 tidak melakukan autorun.

3. Selanjutnya akan mendapatkan kotak dialog Instalasi Windows 7.

4. Klik “Install Now”.

5. Selanjutnya perhatikan petunjuk di layar monitor.

6. Apabila komputer kita terhubung dengan Internet, maka kita bisa memilih untu “Go online…” atau kalau tidak terhubung dengan Internet dapat memilih “Do not….”.

7. Selanjutnya kita akan mendapatkan kotak dialog License.

8. Klik “I Accept the license terms”.

9. Selanjutnya perhatikan layar, tampak tipe instalasi yang bisa Anda pilih.

10. Pilih Upgrade untuk melakukan upgrading

11. Selanjutnya ikuti saja instruksinya.

12. Pada proses instalasi, proses reststarting Windows ada berjalan otomatis.

Instalasi Windows 7 (Metode Clean)

Metode clean untuk instalasi Windows 7 adalah cara paling mudah dan mempunya risiko yang kecil. Untuk melakukan ini, kita harus menyediakan komputer yang belum diinstal sama sekali OS-nya. Sekadar testing, ktia juga dapat menggunakan virtualization seperti Visual PC, Virtual Server maupun VMWare.

Berikut ini langkah-langkah proses instalasi Windows 7 melalui dari awal (metode clean):

1. Masukkan DVD Windows 7.

2. Lakukan booting melalui DVD ini.

3. Pada instalasi awal kita akan mendapatkan kotak dialog instalasi.

4. Pilih bahasa dan jenis keyboard.

5. Selanjutnya klik tombol Next.

6. Kita akan mendapatkan kotak dialog License.

7. Lakukan “I accept the license terms”.

8. Selanjutnya klik tombol Next.

9. Kemudian kita memilih jenis instalasi.

10. Pilih Custom (Advanced).

11. Selanjutnya kita memilih hardware disk yang terdeteksi oleh Windows 7.

12. Kemudian klik tombol Next.

13. Sistem akan melakukan instalasi dan ini akan memakan waktu tergantung pada spesifikasi hardware yang digunakan.

Konfigurasi Jaringan

Setelah selesai melakukan instalasi, hal yang terpenting dilakukna adalah konfigurasi jaringan. Tujuannya agar kita dapat melakukan updating Windows 7 secara online dan juga melakukan aktivasi OS Windows-nya.

Konfigurasi jaringan pada Windows 7 tidaklah terlalu berbeda pada Windows Vista. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Klik kanan pada tray icon gambar komputer.

2. Pilih menu “Open Network and Sharing Center” dengan mengklik menu tersebut.

3. Selanjutnya kita akan mendapatkan kotak dialog Open Network and Sharing Center.

4. Klik menu Change Adapter Settings yang ada disebelah kiri.

5. Kemudian kita akan mendapatkan adapter network yang kita miliki.

6. Klik kanan adapter tersebut dan pilih menu Properties.

7. Kemudian kita akan mendapatkan kotak dialog Properties adapter network kita.

8. Konfigurasikan IP version 4 maupun 6 ke DHCP kalau memang ada DHCP server atau IP statis jika memang tidak ada DHCP server.

Jika selesai konfigurasi jaringan kita lakukan testing dengan memanggil browser dan pilh salah satu website untuk dipanggil. Apabila terhubung dengan Internet, maka browser akan menampilkan alamat website tersebut.

Aktivasi Windows

Setelah melakukan konfigurasi jaringan pada Windows 7, kita dapat melakukan aktivasi melalui menu Start > Computer dan klik kanan computer dan pilih Properties sehingga kita akan mendapatkan kotak dialog.

Lakukan geser ke bawah sehingga ditemukan Windows Activation, klik “Windows activate now”. Selanjutnya, kita akan mendapatkan kotak dialog aktivasi Windows. Klik “Activate Windows online now”. Jika sukses, kita akan mendapatkan konfirmasi bahwa Windows 7 kita sudah melakukan aktivasi.

Windows 7

Windows 7

Windows 7 pada Netbook

Windows 7 lahir di kala krisis keuangan yang dipicu oleh kredit macet sektor perumahan di Amerika sedang melanda dunia, yang berimbas pada penurunan daya beli konsumen. Pada industri hardware komputer, hal ini menjadi salah satu pendorong konsumen untuk mencoba netbook, yang memang didesain agar harganya terjangkau.

Selain itu, netbook juga di desain agar ringan sehingga mendukung mobilitas kerja yang tinggi, rata-rata vendor terkemuka (di antaranya Hewlett Packard, Dell, Acer, Lenovo) menawarkan berbagai pilihan netbook sehingga tersedia cukup banyak alternatif untuk Anda.

Pada situasi seperti ini, tentu bukan hal yang diharapkan jika lantas muncul operating system yang membutuhkan requirement hardware yang lebih tinggi dari Windows Vista, untungnya Windows 7 hadir dengan rekomendasi spek yang relatif tidak mencekik untuk masa sekarang.

Kombinasi Windows 7 dengan netbook tentu sangat menarik untuk dicoba. Percobaan dilakukan di HP mini dengan spek processor Intel Atom N270 1,6 GHz dan memory 1 GB.

Operating system yang telah terinstal sebelumnya adalah Windows XP. Saat memasukkan DVD Windows 7, tampil dua opsi untuk instalasi Windows 7, yaitu:

1. Melakukan upgrade dari versi Windows yang sedang digunakan menjadi Windows 7 sehingga sistem, konfigurasi, dan program yang sudah di-instal masih dapat digunakan.

2. Menginstal Windows 7 dari awal.

Sayangnya bagi pengguna Windows XP, ternyata opsi nomor 1 tidak akan berjalan, karena opsi ini hanya berlaku untuk minimal Windows Vista dengan SP1. Karena juga ingin mendapatkan pengalaman yang fresh dengan Windows 7, maka dipilihlah opsi ke dua.

Selama proses instalasi, pengguna tidak perlu banyak berinteraksi (hanya perlu banyak menunggu), pengguna hanya diminta memilih beberapa opsi, misalnya apakah ingin terkoneksi dengan Internet untuk mendapatkan update terakhir, melakukan pengisian user, computer name, password, negara, dan seterusnya yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Total instalasi memakan waktu sekitar 45 menit, yang tentunya akan bervariasi sesuai dengan perangkat hardware dan pilihan konfigurasi Anda.

Kesan pertama saat melihat tampilan desktop Windows 7 adalah kemiripannya dengan Windows Vista. Tetapi jika diperhatikan lagi, ada perbedaan yang cukup mencolok, yaitu pada taskbar. Ya, taksbar Windows 7 lebih tinggi dan menampilkan icon dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, taskbar tampak transparan. Mungkin karean itu, taskbar Windows 7 disebut juga dengan superbar.

Didapati pula, ternyata folder Windows berukuran sebesar 7,08 GB, tentunya ini belum termasuk aplikasi-aplikasi yang akan kita instal dan gunakan sehari-hari, sehingga Anda perlu memastikan tersedia cukup ruang kosong pada harddisk bagi program dan data Anda.

Windows yang lama disimpan di dalam folder Windows old, dan tidak dapat diaktifkan lagi, tetapi Anda masih dapat mengakses datanya.

Hal penting yang perlu dilakukan setelah instalasi Windows 7 selesai adalah memastikan semua device berjalan lancar. Rupanya Windows 7 telah mendukung dan menginstal driver-driver yang diperlukan pada netbook ini, video card, sound card, network card, USB, semua dapat terdeteksi dengna baik. Wireless LAN juga berjalna dengan baik walaupun awalnya tidak mendapatkan sinyal.

Performa

Awal-awal penggunaan Windows 7 telah menunjukkan kecepatan yang baik untuk proses startup Windows maupun shutdown. Kemudian dilakukan penginstalan beberapa aplikasi seperti Photoshop dan beberapa tools umum, juga software Open Source, seperti Open Office dan XAMPP, semua berjalan dengan baik. Kemudian dilakukan pembukaan cukup banyak aplikasi dan meng-copy file pada saat yang bersamaan, termasuk browsing dengan menggunakan koneksi Internet Wireless.

Perpindahan antar-window aplikasi yang cukup mulus membuat WINdows 7 tampak responsif, walaupun CPU Usage yang ditunjukkan oleh Task Manager berkisar pada 90%-100%. Tampilan grafis yang memikat memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan bukan hanya pemanis karena dapat membantu pekerjaan. Contohnya, icon aplikasi yang terletak pada taskbar dapat menampilkan preview berbentuk thumbnail (fitur ini disebut juga dengan Aero Peek). Fitur ini akan banyak membantu jika aplikasi yang terbuka telah cukup banyak sehingga icon-nya berjejer pada taskbar.

Setelah membuka cukup banyak aplikasi sehingga total aplikasi yang terbuka mencapai 16 aplikasi, pindah antar aplikasi mulai terlilhat terputus-putus dan mengalami lag, cukup dimaklumi mengingat memory yang terpasang hanya 1 GB. Taskbar alias superbar juga tidak gentar menghadapi serbuan icon aplikasi, seperti pada versi Windows sebelumnya, pada taskbar akan tampil scrool vertikal up/down jika baris taskbar telah penuh.

Untuk pekerjaan sehari-hari dengan spesifikasi hardware di atas, performa Windows 7 dapat diandalkan.

Mobilitas

Kebanyakan mahasiswa zaman sekarang akan tertawa sekaligus prihatin kalau mendengar cerita seniornya yang dulu mengangkat monitor dan casing CPU (lengkap dengan keyboard, mouse, dan kabel-kabel) untuk mendemokan sistem pada dosennya (belum lagi kalau ternyata sang dosen berhalangan dan mahasiswa tersebut harus mengangkat pulang kembali PC-nya), hal seperti itu tentu sudah jarang terlihat, karena menjamurnya penggunaan netbook/notebook yang memudahkan kegiatan dengan tingkat mobilitas tinggi.

Bagaimana Windows 7 mengakomodasi penggunaan netbook anywhere, anytime? Penggunaan energi telah diefisienkan sehingga Windows 7 hemat energi secara keseluruhan. Kemudian fasilitas lain yang sering dibutuhkan tentunya adalah Internet. Jika wireless LAN telah diuji dan dapat digunakan dengan baik, kali ini dilakukan pengujian penggunaan Internet melalui modem USB HSDPA.

Langkah awal, tentu memastikan Windows 7 mengenali device tersebut dengan baik. Pada saat instalasi driver modem, Windows Security menampilkan pesan, “Windows can’t verify the publisher of this driver software”, tetapi proses dapat dilanjutkan dan modem berhasil diinstal. Bisa jadi Anda akan mendapatkan pesan serupa untuk device-device lain, yang tidak dapat diverifikasi oleh Windows 7.

Setelah modem USB berhasil dikenali, koneksi Internet berhasil dilakukan dan pengaksesan Internet berjalan tanpa kesulitan.

Penampakan

Penampakan di sini bukan berkonotasi seram atau magis, tetapi tampilan-tampilan menarik yang ditawarkan Windows 7, sebagian orang tentu sangat peduli dengan tampilan grafis dan wajah baru yang ditawarkan Windows dari generasi ke generasi.

Jika Anda telah menggunakan Windows Vista sebelumnya, pasti sudah tidak asing dengna Windows Aero. Theme yang dikenal sejak Windows Vista dan menawarkan interface menarik bagi pengguna. Misalnya, bagi Anda yang biasa berpindah aplikasi dengan kombinasi tombol Alt + Tab, mungkin akan menemukan keasyikan baru jika berpindah aplikasi kombinasi tombol Windows + Tab, yang akan menampilkan aplikasi dengan tampilan flip 3D.

Salah satu Aero baru yang baru diperkenalkan dalam Windows 7 adalah Aero Shake yang dapat Anda pergunakan jika ingin me-minimize seluruh aplikasi kecuali aplikasi aktif. Caranya cukup unik dan lucu, goyangkan windows aplikasi itu dengan mouse Anda, maka aplikasi lain akan otomatis menyusut minimize ke taskbar. Untuk mengembalikan posisi seperti semula, goyangkan lagi dengan cara yang sama. Bahasa teknisnya adalah mouse gesture, di mana kombinasi gerakan dan klik pada mouse menghasilkan instruksi tertentu.

Karena bermain-main dengan grafis, tentunya WINdows Aero memerlukan resource dari graphics memory yang relatif tinggi. Jika spesifikasi hardware komputer Anda tidak mencukupi, maka Windows Aero tidak akan aktif.

Windows 7 dengan Memory 512 MB

Performa yang cukup baik menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba Windows 7 dengan spesifikasi hardware yang lebih rendah, yaitu dengan memory 512 MB.

Kali ini dipilih notebook BenQ dengan spek prosesor AMD Sempron 3000+ 1.80 GHz dan memory 512 MB. Notebook ini diproduksi pada tahun 2005 dan telah berjalan dengan baik menggunakan Windows XP.

Instalasi Windows 7 kembali dilanjutkan dan menyita waktu kurang lebih selama 1 jam.

Tidak seperti sebelumnya, Windows 7 tidak menginstal driver-dirver yang diperlukan dan membuat orang yang berharap taskbar transparan menjadi kecele (taskbar transparan hanya tampil jika Windows Aero aktif).

Pada saat ingin menginstal driver dari CD Recovery, Windows menolak dengan menampilkan pesan “This Setup requires a different version of operating system”. Wah, rupanya tidak kompatibel. Perjuangan mendapatkan driver dilanjutkan dengan menghubungi vendor, yang menjawab bahwa untuk notebook tersebut tidak tersedia driver untuk Windows Vista / Windows 7.

Perjuangan dilanjutkan terus, kali ini percobaan dengan menginstal driver dari device manager setup, dengan cara klik kanan pada device yang tidak dikenali dan pilih Update Driver Software. Cara ini ternyata berhasil, kecuali untuk driver LAN. Karena itu, jika dimungkinkan sebaiknya Anda memastikan memiliki driver yang mendukung Windows 7 ataupun Windows Vista (yang seharusnya kompatibel dengan Windows 7).

Windows 7 dengan spek hardware ini masih dapat bekerja dengan cukup baik. Percobaan dilakukan dengan beberapa kegiatan umum seperti burn CD audio melalui Windows Media Player, mengetik dokumen, dan lain-lain. Seluruhnya berjalan baik, walaupun kinerja keseluruhan tidak secepat saat menggunakan WINdows XP, tetapi perbedaannya relatif tidak signifikan untuk aktivitas standar.

Hal-hal Unik Lainnya

Untuk intermezzo, berikut beberapa hal unik dan ringan yang ditemui saat menggunakan Windows 7 ini.

1. Menolak Diinstal Menggunakan Tenaga Baterai

Jika instalasi dilakukan pada notebook/netbook dengan menggunakan tenaga baterai (walaupun sudah di-change full dan Anda yakin akan bertahan selama instalasi), Windows akan protes dengan menampilkan pesan yang memberitahu bahwa Windows tidak dapat diinstal pada komputer yang menggunakan tenaga baterai, dan menyarankan Anda menancapkan adaptor, serta memaksa Anda keluar dengan menekan tombol Close.

2. Hati-hati MP3 Anda Hilang

Windows 7 menampilkan pesan yang lebih informatif jika sebuah file gagal dihapus. Contohnya, saat Anda mencoba menghapus file MP3 yang sedang berjalan pada aplikasi Windows, maka akan tampil pesan kesalahan yang mengatakan bahwa file tersebut sedang dimainkan pada winamp.exe

Tetapi jika file mp3 yang sama sedang dimainkan pada Windows Media Center / Windows Media Player, maka file tersebut akan berhasil dihapus, walaupun Anda masih tetap mendengarkan lagunya. Hal ini juga berlaku pada Windows Vista maupun Windows XP, kemungkinan aplikasi tersebut menyimpan file mp3 tersebut pada memory dan memainkan sehingga tidak memproteksi file mp3 orisinalnya.

3. WordPad Mengenali Ekstensi *.docx

Ekstensi *.docx merupakan ekstensi file Word 2007, yang tidak kompatibel dengan versi Microsoft Word sebelumnya, apalagi WordPad. Tetapi kini WordPad pada Windows 7 telah kompatibel dengan ekstensi *.docx, bahkan juga memiliki tampilan ribbon yang diperkenalkan oleh Office 2007. Selain docx, WordPad juga mengenali ekstensi lain seperti *.rtf dan *.odt.

Kesimpulan

Windows mencatat beberapa perubahan yang revolusioner dalam pengembangannya, seperti dari Windows 98 ke Windows XP, atau Windows XP ke Windows Vista. Tetapi pada Windows 7 ini, lompatan yang dilakukan (dibandingkan dengan Windows Vista) tidaklah terlalu jauh.

Untungnya, hal ini juga berarti Anda tidak perlu melakukan upgrade hardware jika sebelumnya komputer Anda telah mampu menjalankan Windows Vista. Mengingat, setiap perubahan besar yang dilakukan Windows sebelumnya, juga diiringin dengan perubahan spesfikasi hardware yang semakin meningkat.

Software Freeware 18

Software Freeware 18

Glary Utilities

PC Tuning Lengkap

Semua keperluan untuk men-tuning Windows tersedia dalam paket Glary Utilities. Salah satu modulnya, “Files & Folders”, dapat menganlisis pemakaian hard disk serta menghapus folder kosong dan file-file ganda. Apabila boot PC kurang cepat, gunakan Startup Manager untuk menonaktifkan berbagai entri autorun “sampah”. Registry Cleaner-nya dapat digunakan untuk menyingkirkan entri-entri tak berguna dari registry Windows. Pada modul “Privacy & Security” tersedia fungsi untuk menghapus cookies dan browser log Anda, serta menghapus file secara permanen (file shredder).

Tips 1: Pada tab “1-Click Maintenance” tersedia fungsi-fungsi yang dapat dijalankan secara otomatis. Di sana, Anda dapat menyingkirkan spyware, cookies, dan file temporer, serta men-start pembersih registry.

Tips 2: Sebelum melakukan pembersihan, buat sebuah backup melalui “Menu|Restore Center”. Tentukan sebuah Restore Point atau restorasikan ke sebuah Restore Point lama agar dapat terhidnar dari berbagai risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Info: www.glaryutilities.com

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP – Vista

WinHTTrack

Akses Web secara Offline

Dengan WinHTTrack Anda dapat men-download seluruh website dan membukanya secara offline. Program ini dapat menyimpan struktur lengkap website. Agar download-nya berlangsung cepat, jangan sertakan file multimedia atau batasi proses download pada sublevel tertentu. Dengan demikian, Anda pun dapat menghemat tempat di hard disk. Ukuti panduan wizard untuk memulai proses download dan mengatur konfigurasinya.

Tips 1: Apabila website-nya rumit atau kompleks, proses download akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Percepat proses dengan meningkatkan bandwidth untuk download dalam “Set Options|Limits|Max Transfer Rate”. Setting standar sebesar 25 KB/s (sekitar 200 Kbit/s). tingkatkan juga jumlah koneksi ke website di bawah tab “Flow Control”.

Tips 2: Agar download tidak berlangsung sangat lama, pertimbangkan juga data apa saja yang Anda butuhkan. Melalui “Settings|Scan Rules”, pilih tipe file dan link mana saya yang disertakan atau tidak disertakan dalam download.

Info: www.httrack.com

OS: Windows 95 – 98 – 2000 – XP

Defraggler

Defragmentasi Terarah

Defragmentasi perlu dilakukan agar respons hard disk selalu terjaga. Sayangnya, program bawaan Windows terlalu lambat melakukan defrag. Coba gunakan Defraggler yang dapat men-defrag file atau folder tertentu tanpa harus men-defrag seluruh partisi. Sebaiknya, periksa juga, apakah hard disk mengalami kerusakan fisik.

Tips: Sayangnya, opsi untuk men-defrag beberapa folder sekaligus tidak tersedia. Anda hanya dapat men-defrag folder satu per satu melalui “Action|Defrag Folder”.

Info: www.defraggler.com

OS: Windows 2000 – XP – Vista

FreeCommander

Pengganti Explorer

Windows Explorer hanya dapat menampilkan satu window dalam interface-nya. Bagi sebagian pengguna, keterbatasan ini cukup mengganggu. FreeCommander dapat menampilkan dua jendela, sehingga manajemen dan pengoperasian file menjadi lebih mudah bagi mereka. Yang menarik adalah fungsi sinkronisasi folder dan browsing arsip tanpa harus meng-ekstraknya.

Tips: Folder-folder yang sering dibuka dapat Anda simpan sebagai Favorites agar dapat diakses lebih cepat. Anda dapat mengelolanya melalui “Folders|Favorites”.

Info: www.freecommander.com/de

OS: Windows 2000 – XP – Vista

aTunes

Bisa Diajak Bersenandung

Seperti halnya player lainnya, aTunes menawarkan fasilitas standar, seperti playlist dengan fungsi sortir dan filter, ID3 tagging, hingga dukungan terhadap layanan radio online dan podcast. Yang menarik, aTunes memiliki fasilitas unik yaitu informasi detail mengenai artis dan album.

Tips: Player ini juga dapat menampilkan lirik lagu yang cocok saat berkaraoke. Dengan mengklik icon mikrofon pada playlist, instrumental lagu bisa diaktifkan. Hasilnya cukup baik dengan sedikit efek noise.

Info: www.atunes.org

OS: Windows 2000 – XP – Vista

ClamWin Portable

Pembasmi Virus Portabel

Dengan Antivirus ClamWin Portabel, Anda dapat memeriksa keberadaan virus atau malware lainnya di aman saja. Cukup install pada USB flash drive dan Anda pun telah dapat men-scan setiap PC sebelum memakainya. Program ini memiliki sebuah fungsi update terintegrasi untuk memperbarui virus signature-nya.

Tips: Hindari scanning PC menyeluruh yang memboroskan waktu. Akan lebih cepat bila Anda membatasi ukuran file dan menonaktifkan opsi “Extract File from Archives” melalui “Tools|Preferences|Limits”

Info: http://portableapps.com/de

OS: Windows 98 – ME – 2000 – XP – Vista

Fotosizer

Mengubah Ukuran Foto

Foto sering tidak boleh melampaui ukuran tertentu, misalnya untuk upload ke sebuah website. Fotosizer dapat menyesuaikan ukurannya dengan cepat ke format yang diinginkan. Untuk itu Anda hanya perlu menarik foto atau folder tertentu ke bagian “Image selection” dan menentukan ukurna dan kualitas yang diinginkan.

Tips: Program ini tidak hanya dapat mengubah ukuran. Melalui “Optional settings”, Anda dapat memutar banyak foto-foto sekaligus dan mengkonversinya ke foto jenis hitam/putih atau negatif.

Info: www.fotosizer.com

OS: Windows 98 – Me – 2000 – XP – Vista